8 Cara ampuh menghilangkan virus malware

8 Cara ampuh menghilangkan virus malware!

Halo guys, kembali lagi, nah sekarang aku mau sharing tentang virus yaa.
penasaran kaan?? baca yaa.



Cara Mudah Menghapus Virus Malware di PC Laptop – Kata virus lebih familiar atau biasa terdengar dibandingkan malware. Saat mendengar kata malware, maka kebanyakan orang menyebutnya virus, atau bagian dari virus. Namun sebenarnya tidak demikian. Kali ini saya akan membahas mengenai apa itu malware, cara mencegah dan mengatasinya.
Apakah kamu tahu malware? Malware sebenarnya adalah sebuah program software, namun perbedaannya dengan program komputer pada umumnya adalah program ini dibuat dengan tujuan yang merugikan orang yang komputernya terkena virus malware ini. Malware dibuat untuk dapat menyembunyikan, menghapus, atau bahkan bisa juga mencuri data dari komputer yang terinfeksi tanpa seijin pemilik.
8 Cara Menghapus Virus Malware di PC Laptop dengan Mudah & Ampuh
Keberadaan virus atau yang lebih tepatnya virus yang bernama malware di dalam komputer atau laptop pastinya akan memperlambat kinerja komputer, dan dapat menimbukan berbagai masalah.


Selain membuat komputer kamu mengalami respon yang sangat lambat, virus malware juga dapat menghapus atau menggandakan file dengan sendirinya.
Karena itulah kita semua harus membersihkan program jahat berupa malware tersebut dari komputer. Banyak pengguna yang barangkali langsung mengatasinya dengan instal ulang OS sebagai cara yang paling mudah untuk menghilangkan semua virus malware tersebut secara cepat.

Namun hal itu kurang baik juga, kenapa? karena program yang sudah diinstal akan terhapus, kamu juga akan membutuhkan waktu yang lama untuk menginstal ulang windows dan berbagai aplikasi yang digunakan tergantung berapa banyak dan besar file / aplikasi tersebut.


Cara Menghilangkan Virus Malware dari PC/Laptop dengan Mudah dan Ampuh

Apa yang harus kamu lakukan untuk menyingkirkan virus-virus yang menghambat kinerja laptop atau komputer kamu saat kamu sedang bekerja atau sedang asik bermain game, simak baik-baik tutorial berikut.

#1. Hapus Temporary Files
Temporary file termasuk cache dan cookies pada browser yang sering kali menjadi tempat bersarangnya malware. Untuk mencegah terjadinya kebobolan virus malware tersebut, bersihkan temporary file pada browser kamu, serta windows juga harus dibersihkan jika ingin menghapus malware dari komputer kamu.
Cara menghapus temporary file di windows :
  1. Buka RUN
  2. Lalu ketik %temp%
  3. Hapus semua isi temporary file tersebut
Cara menghapus temporary file di browser Chrome :
  1. Buka History dengan cara klik ctrl + h di keyboard
  2. Lalu pilih menu “Clear browsing data”
  3. Centang semua opsi untuk menghapus semua data penjelajahan kamu

#2. Hapus atau Reset System Restore
Windows juga mempunyai fitur system restore, yang berguna saat komputer terkena masalah pada sistem. Dengan system restore kamu dapat mengembalikan sistem kembali seperti saat titik point restore disimpan. Namun sayangnya system restore juga sering dipakai sebagai markasnya malware. Lebih baik mematikan semua system restore.
Untuk mereset system restore cukup mudah, kamu hanya perlu mematikan system restore kemudian mematikan komputer atau laptop kamu. Setelah itu hidupkan kembali system restore, maka file system yang dulu tersimpan sekarang sudah dihapus dan diganti yang terbaru.

#3. Scanning Komputer dengan Antivirus Secara Menyeluruh
Jika kamu memiliki antivirus, lakukanlah scanning secara menyeluruh ke semua partisi harddisk pada laptop atau komputer kamu. Jangan lupa pasang juga software anti malware dan lakukan scanning lagi jika antivirus tidak memiliki fitur anti malware. Segera karantina atau langsung hapus saja malware yang terdeteksi.

#4. Scan Melalui Save Mode
Jika scanning secara normal kurang membasmi semua malware yang sedang ternak di laptop kamu. Lakukan scan melalui save mode. Saat save mode, windows akan berjalan dalam kondisi minimal. Hanya driver tertentu yang penting saja yang aktif, software tambahan juga tidak aktif. Malware yang tidak bisa dihapus secara normal bisa menjadi tidak aktif pada save mode, sehingga bisa dengan mudah di delete atau dihapus.

#5. Scan Menggunakan Live CD
Ada beberapa malware yang bisa tetap aktif meskipun windows dalam keadaan save mode. Untuk menghilangkannya, kamu bisa melakukan scanning melalui Live CD, sehingga kamu melakukan scanning bahkan sebelum masuk windows atau pada saat booting. Seharusnya ini dapat mengatasi semua malware yang menyerang dan berkembang biak di PC atau laptop kamu, kecuali malware tersebut tidak terdeteksi sebagai malware, mungkin menyamar menjadi iklan pop ads di browser dll.

#6. Hapus Program yang Tidak Dikenal atau Aneh
Periksa isi program file yang sudah terinstall pada laptop kamu, jika menemukan program aneh yang tidak kamu kenal, segera hapus / uninstall. Untuk itu kamu harus tau program apa saja yang sudah kamu install, agar tidak terjadi kesalahan uninstall. Namun, meskupun salah menghapusnya atau menguninstallnya dari pc kamu, itu tidak akan merusak sistem operasi, hanya saja program tersebut akan hilang. Akan cukup menyebalkan jika yang di uninstall itu penting dan kamu tidak memiliki backupannya.

#7. Windows Defender
Windows defender merupakan program keamanan bawaan windows. Jika kamu belum memiliki antivirus dan tidak dapat menginstall antivirus pada pc laptop kamu yang sudah terinfeksi malware, kamu bisa menggunakan program ini untuk menghapus virus atau malware yang sedang berkembang biak di sistem kamu.
Kamu bisa melakukan scanning secara normal saat pc sedang digunakan, atau kamu bisa melakukannya secara offline. Menggunakan windows defender offline lebih saya rekomendasikan, karena dengan cara ini proses scanning akan dilakukan sebelum masuk windows atau saat sedang booting.

#8. Install Ulang Komputer
Ini adalah cara terakhir yang paling ampuh untuk dengan mudah menghilangkan semua malware dari komputer kamu. Dengan catatan, partisi lain selain file sistem komputer kamu. Namun terlalu sering menginstall ulang OS juga akan memberi dampak yang buruk bagi hardware atau perangkat keras kamu.

Itulah beberapa cara menghapus virus malware di pc dan laptop dengan mudah dan ampuh. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share ke temen-temen kamu supaya info yang saya sampaikan dapat berguna bagi orang yang sedang bingung mengatasi virus malware tersebut.

SALAM BLOGGER!!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu XAMPP ?

apa itu scratch?

Apa itu Programmer ?