apa itu scratch?
Pada dekade saat ini, pembelajaran inovatif yang dapat membawa perubahan belajar pada peserta didik merupakan hal yang wajib dipelajari dan dimiliki oleh para pendidik. Pembelajaran konvensional telah usang dan dipandang sebagai sesuatu yang tidak menarik lagi dan tidak membuat peserta didik tidak nyaman. Peserta didik akan merasa senang dengan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan teknologi dan informasi yang terus berkembang. Sehingga, para pendidik perlu merancang suatu kegiatan belajar yang menarik bagi peserta didiknya. Scratch merupakan satu alternatif yang dapat digunakan para pendidik dalam mewujudkan kegiatan PAIKEM GEMBROT (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot).
Pesatnya perkembangan teknologi, komunikasi, dan informasi memberikan manfaat tersendiri bagi dunia pendidikan, dengan munculnya berbagai software education tools. Salah satunya adalah Scatch.
Scratch merupakan salah satu program untuk membantu dalam mengenalkan bahasa pemrograman sejak usia dini. Pengenalan logika pemrograman sejak usia dini membuat anak-anak menjadi lebih tertarik dan semangat untuk belajar bidang ilmu lain seperti sains dan matematika. Sehingga anak-anak dapat menggunakan logika dan daya nalarnya dengan baik. Bahasa pemrograman merupakan teknik untuk menulis program dan memberikan perintah pada komputer sesuai dengan yang kita inginkan. Bahasa pemrograman dapat memfasilitasi komunikasi antara manusia dan mesin. Bahasa pemrograman dapat juga diaplikasikan dalam bidang pendidikan. Bahasa pemrograman pendidikan dibuat sebagai instrumen pembelajaran, bukan sebagai alat bantu pembuatan aplikasi yang sesungguhnya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, perlu adanya pengenalan bahasa pemrograman sejak usia dini.
1.1 Apa itu Scratch ?
Scratch adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang. Scratch menampilkan antar muka yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Konsep pemrograman scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle. Scratch dapat digunakan untuk membuat aplikasi, animasi atau games. Selain itu, scratch juga memudahkan anak memahami konsep logika matematika dan komputer. Dengan scratch konsep pemrograman dapat dipahami dengan mudah dan sangat baik untuk menyalurkan kreatifitas anak dalam belajar sekaligus bermain (edutainment).
Scratch merupakan aplikasi open source yaitu program komputer yang dapat dipakai secara gratis tanpa harus membayar lisensinya. Kelebihan open source ini memberi kebebasan dalam penggunaan dan pengembangan program tersebut. Program ini dikembangkan oleh Grup TK di MIT Media Lab, dengan dukungan keuangan dari National Science Foundation, Microsoft, Intel Foundation, Yayasan MacArthur, Google, Iomega dan MIT Media Lab konsorsium penelitian. Program ini dapat didownload pada http://scratch.mit.edu/.
1.2 Alasan Memilih Scratch
Ada beberapa alasan mengapa kita memilih Scratch sebagai media pengenalan logika pemrograman pada usia dini, yaitu karena Scratch memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut:
1.Scratch memiliki ukuran yang kecil dibandingkan bahasa pemrograman yang lain.
2.Antar muka (interface) yang sangat sederhana dan mudah digunakan untuk anak-anak.
3.Anak-anak lebih mudah belajar logika pemrograman tanpa harus dirumitkan dengan penulisan sintaks dalam bahasa pemrograman pada umumnya.
4.Scratch membantu anak-anak dalam membuat cerita interaktif, animasi dan game.
5.Scratch memungkinkan setiap orang dengan mudah menggabungkan gambar, suara maupun video tanpa harus memiliki kemampuan khusus di bidang pemrograman.
6.Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol.
7.Scratch mampu dijalankan pada sistem operasi Windows, Linux maupun Macintosh.
1.3 Mendownload Scratch
Untuk mendapatkan program ini, kita bisa mendownload dari situs resminya di http://scratch.mit.edu/. File ini berukuran 33,0 Mb. Namun bagi yang membeli buku ini tidak perlu repot-repot mencari karena dalam buku ini telah terlampir CD yang berisi setup file Scratch. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam mendownload program scratch :
1.Buka situs resmi scratch di http://scratch.mit.edu/ kemudian klik tombol Download Scratch.
2.Setelah tombol Download Scratch diklik, akan muncul jendela seperti di bawah ini kemudian untuk sistem operasi Windows pilih ScratchInstaller1.4.exe.[1]
Pendidik yang memiliki kecakapan dalam mengoperasikan program Scratch, maka diharapkan dapat menciptakan bahan ajar model pembelajaran sesuai dengan bidang pelajaran masing – masing yang disesuaikan dengan kondisi peserta didiknya sehingga akan membuat mereka gemar belajar dan tidak fobia terhadap pelajaran tertentu.
Bahkan, membuat program dengan Scratch itu, semudah anak-anak menyusun balok-balok mainan-semacam Lego-untuk membangun rumah mainan atau mobil-mobilan. Scratch bisa menyediakan balok-balok yang bisa disusun dengan mudah, lalu diberi perintah seperti : berjalan, tidur, main seruling, dan semacamnya.[2] Karena kemudahannya itu, Scratch memang ditujukan untuk anak-anak, sehingga jika selama ini peserta didik hanya bermain game dengan komputer, merekapun kini juga bisa membuat game sendiri. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat baik untuk menyalurkan kreativitas peserta didik dan bisa memberikan kesempatan pada mereka untuk belajar sekaligus bermain (edutainment).
Pada umumnya, peserta didik menyukai interaksi dengan objek secara aktif, tidak heran mereka cepat menyukai game di komputer. Bahkan banyak yang tertarik dengan komputer dimulai dengan memainkan game. Namun, sayangnya masih banyak orang tua atau pendidik yang belum mengarahkan ketertarikan ini menjadi sarana pembelajaran. Mirisnya, saat ini game lebih banyak digunakan hanya untuk bermain yang menghabiskan waktu saja bahkan game tersebut berisi hal-hal yang tidak edukatif dan merusak.
Tertarik dengan Scratch? Silahkan download program scracth pada situs resminya di http://scratch.mit.edu/ dan belajar langkah – langkah pembuatan aplikasinya dengan mengikuti Scratch Tutorial http://ltc.smm.org/gamestudio/files/scratchtut....
Selamat mencoba !
Pesatnya perkembangan teknologi, komunikasi, dan informasi memberikan manfaat tersendiri bagi dunia pendidikan, dengan munculnya berbagai software education tools. Salah satunya adalah Scatch.
Scratch merupakan salah satu program untuk membantu dalam mengenalkan bahasa pemrograman sejak usia dini. Pengenalan logika pemrograman sejak usia dini membuat anak-anak menjadi lebih tertarik dan semangat untuk belajar bidang ilmu lain seperti sains dan matematika. Sehingga anak-anak dapat menggunakan logika dan daya nalarnya dengan baik. Bahasa pemrograman merupakan teknik untuk menulis program dan memberikan perintah pada komputer sesuai dengan yang kita inginkan. Bahasa pemrograman dapat memfasilitasi komunikasi antara manusia dan mesin. Bahasa pemrograman dapat juga diaplikasikan dalam bidang pendidikan. Bahasa pemrograman pendidikan dibuat sebagai instrumen pembelajaran, bukan sebagai alat bantu pembuatan aplikasi yang sesungguhnya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, perlu adanya pengenalan bahasa pemrograman sejak usia dini.
1.1 Apa itu Scratch ?
Scratch adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang. Scratch menampilkan antar muka yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Konsep pemrograman scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle. Scratch dapat digunakan untuk membuat aplikasi, animasi atau games. Selain itu, scratch juga memudahkan anak memahami konsep logika matematika dan komputer. Dengan scratch konsep pemrograman dapat dipahami dengan mudah dan sangat baik untuk menyalurkan kreatifitas anak dalam belajar sekaligus bermain (edutainment).
Scratch merupakan aplikasi open source yaitu program komputer yang dapat dipakai secara gratis tanpa harus membayar lisensinya. Kelebihan open source ini memberi kebebasan dalam penggunaan dan pengembangan program tersebut. Program ini dikembangkan oleh Grup TK di MIT Media Lab, dengan dukungan keuangan dari National Science Foundation, Microsoft, Intel Foundation, Yayasan MacArthur, Google, Iomega dan MIT Media Lab konsorsium penelitian. Program ini dapat didownload pada http://scratch.mit.edu/.
1.2 Alasan Memilih Scratch
Ada beberapa alasan mengapa kita memilih Scratch sebagai media pengenalan logika pemrograman pada usia dini, yaitu karena Scratch memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut:
1.Scratch memiliki ukuran yang kecil dibandingkan bahasa pemrograman yang lain.
2.Antar muka (interface) yang sangat sederhana dan mudah digunakan untuk anak-anak.
3.Anak-anak lebih mudah belajar logika pemrograman tanpa harus dirumitkan dengan penulisan sintaks dalam bahasa pemrograman pada umumnya.
4.Scratch membantu anak-anak dalam membuat cerita interaktif, animasi dan game.
5.Scratch memungkinkan setiap orang dengan mudah menggabungkan gambar, suara maupun video tanpa harus memiliki kemampuan khusus di bidang pemrograman.
6.Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol.
7.Scratch mampu dijalankan pada sistem operasi Windows, Linux maupun Macintosh.
1.3 Mendownload Scratch
Untuk mendapatkan program ini, kita bisa mendownload dari situs resminya di http://scratch.mit.edu/. File ini berukuran 33,0 Mb. Namun bagi yang membeli buku ini tidak perlu repot-repot mencari karena dalam buku ini telah terlampir CD yang berisi setup file Scratch. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam mendownload program scratch :
1.Buka situs resmi scratch di http://scratch.mit.edu/ kemudian klik tombol Download Scratch.
2.Setelah tombol Download Scratch diklik, akan muncul jendela seperti di bawah ini kemudian untuk sistem operasi Windows pilih ScratchInstaller1.4.exe.[1]
Pendidik yang memiliki kecakapan dalam mengoperasikan program Scratch, maka diharapkan dapat menciptakan bahan ajar model pembelajaran sesuai dengan bidang pelajaran masing – masing yang disesuaikan dengan kondisi peserta didiknya sehingga akan membuat mereka gemar belajar dan tidak fobia terhadap pelajaran tertentu.
Bahkan, membuat program dengan Scratch itu, semudah anak-anak menyusun balok-balok mainan-semacam Lego-untuk membangun rumah mainan atau mobil-mobilan. Scratch bisa menyediakan balok-balok yang bisa disusun dengan mudah, lalu diberi perintah seperti : berjalan, tidur, main seruling, dan semacamnya.[2] Karena kemudahannya itu, Scratch memang ditujukan untuk anak-anak, sehingga jika selama ini peserta didik hanya bermain game dengan komputer, merekapun kini juga bisa membuat game sendiri. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat baik untuk menyalurkan kreativitas peserta didik dan bisa memberikan kesempatan pada mereka untuk belajar sekaligus bermain (edutainment).
Pada umumnya, peserta didik menyukai interaksi dengan objek secara aktif, tidak heran mereka cepat menyukai game di komputer. Bahkan banyak yang tertarik dengan komputer dimulai dengan memainkan game. Namun, sayangnya masih banyak orang tua atau pendidik yang belum mengarahkan ketertarikan ini menjadi sarana pembelajaran. Mirisnya, saat ini game lebih banyak digunakan hanya untuk bermain yang menghabiskan waktu saja bahkan game tersebut berisi hal-hal yang tidak edukatif dan merusak.
Tertarik dengan Scratch? Silahkan download program scracth pada situs resminya di http://scratch.mit.edu/ dan belajar langkah – langkah pembuatan aplikasinya dengan mengikuti Scratch Tutorial http://ltc.smm.org/gamestudio/files/scratchtut....
Selamat mencoba !
Komentar
Posting Komentar